Layanan Kami Bisa Menghubungi WhatsApp

Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap

Sebelum berangkat ke kantor cabang BPJS Kesehatan, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen di atas sebagai bagian dari persyaratan pembuatan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap - Bagi anda yang ingin membuat kartu BPJS, baik secara online dan offline sangat mudah. Anda dapat menggunakan cara berikut untuk mendaftarkannya. 

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program jaminan sosial pemerintah. Program ini tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu.

cara-daftar-bpjs-lengkap

Sebelum mendaftar BPJS Kesehatan, perlu Anda ketahui bahwa ada iuran yang harus dibayarkan. Biaya yang dibayarkan bervariasi tergantung pada jenis kelas yang tersedia

Iuran Peserta BPJS

Iuran peserta PBPU (Pekerja Bukan Upah) dan BP (Bukan Pekerja), yaitu:

  • Kelas I : Rp 150.000/orang/bulan
  • Kelas II : Rp 100.000/orang/bulan
  • Kelas III : Rp 42.000/orang/bulan (menerima bantuan iuran dari Pemerintah Pusat Rp 7.000/orang/bulan)

Dokumen Persyaratan Pembuatan BPJS Kesehatan

Dapat disimpulkan, dengan menjadi warga negara Indonesia yang sah, Anda sudah memenuhi salah satu syarat untuk menjadi BPJS Kesehatan yang utama.

Saat ini, seluruh pendaftaran mandiri BPJS Kesehatan diarahkan melalui aplikasi JKN Mobile. Berikut beberapa hal lain yang perlu Anda penuhi sebagai syarat membuat BPJS Kesehatan lengkap, seperti

Kartu Keluarga (KK)

Kartu Identitas (KTP)

NPWP

Nomor ponsel

Rekening 

Foto paspor ukuran 3 x 4 dengan ukuran digital maksimum 50KB

Alamat email

Dengan menggunakan kartu keluarga sebagai salah satu syarat penting untuk membuat BPJS Kesehatan, dipastikan seluruh anggota keluarga Anda akan memperoleh perlindungan dan manfaat menyeluruh dari layanan kesehatan rancangan pemerintah ini.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap 

Setelah mempersiapkan persyaratan BPJS Kesehatan, ada beberapa langkah yang masih perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta layanan kesehatan ini. 

cara-daftar-bpjs-lengkap

Dalam memenuhi persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan, ada dua skema yang perlu Anda ketahui yaitu skema offline dan online.

Cara Daftar BPJS Kesehatan offline

Skema pendaftaran diri menjadi peserta BPJS Kesehatan ini secara offline mengharuskan Anda untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan di tempat tinggal Anda. 

Sebelum berangkat ke kantor cabang BPJS Kesehatan, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen di atas sebagai bagian dari persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan.

Setelah semua persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan siap, segera datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan untuk mengambil nomor antrian sekaligus mengisi formulir pendaftaran yang juga menjadi persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan. 

Isi formulir dengan teliti sesuai data dari dokumen persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan yang telah Anda siapkan.

Setelah formulir diisi dengan baik dan benar, segera lampirkan formulir dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk membuat BPJS Kesehatan kepada petugas di kantor cabang BPJS Kesehatan. 

Jangan lupa untuk memilih lokasi fasilitas kesehatan dan kelas layanan yang diinginkan untuk merawat keluarga. 

Jika semua persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan diterima dan diproses, Anda akan diberikan nomor virtual account untuk melunasi premi pertama layanan BPJS Kesehatan. 

Kontribusi ialah mengacu pada biaya kelas layanan kesehatan yang Anda pilih sebelumnya. Berikut biaya pembayaran BPJS Kesehatan:

Rp150.000 per orang untuk pelayanan BPJS Kesehatan kelas I

Rp 100.000 per orang untuk pelayanan BPJS Kesehatan kelas II

Rp 42.000 per orang (Rp 35.000 dibayar mandiri dan Rp 7.000 disubsidi pemerintah) untuk pelayanan BPJS Kesehatan kelas III

Jika sudah melunasi tagihan iuran pertama Anda melalui bank atau melalui channel digital banking, segera selesaikan proses pembuatan persyaratan BPJS Kesehatan dengan melampirkan bukti pembayaran kepada petugas. 

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu kartu peserta Anda dan keluarga selesai dicetak

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara online

Bagi Anda yang tidak mempunyai cukup waktu luang dari aktivitas sehari-hari, melengkapi proses persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan secara online bisa menjadi alternatif yang baik.

Supaya Anda dan keluarga segera mendapatkan perlindungan layanan kesehatan yang dijamin oleh Pemerintah Indonesia.

Dalam melakukan pendaftaran secara online, Anda hanya perlu mengakses website resmi BPJS  Kesehatan. 

Namun, jangan lupa untuk menyiapkan terlebih dahulu semua dokumen persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan yang tertera di atas. 

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan nomor telepon dan email yang aktif sebagai syarat tambahan untuk membuat BPJS Kesehatan. 

Setelah semua persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan sudah siap, akses kembali website resmi BPJS Kesehatan. 

Di situs tersebut akan muncul formulir yang harus Anda isi dengan hati-hati dan benar. Pastikan untuk mengecek kembali data dari persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan supaya nantinya tidak ada masalah di kemudian hari. 

Anda kemudian akan diarahkan untuk memilih lokasi fasilitas kesehatan dan kelas layanan BPJS Kesehatan.

Jika semua semua persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan sudah diisi lengkap, lanjutkan dengan menyimpan data diri Anda dan keluarga ke dalam sistem. 

Cek email pribadi Anda untuk memperoleh link verifikasi yang juga berisi lembar tagihan biaya pertama yang harus Anda bayar. 

Lembar tagihan berisi nomor virtual account yang dapat Anda bayarkan dengan mengunjungi bank yang dipilih dan Anda juga dapat menggunakan layanan perbankan digital untuk menyelesaikan persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan.

Jika Anda sudah menyelesaikan pembayaran iuran, kini Anda dan keluarga sudah aktif terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. 

Nantinya Anda akan mendapatkan email bukti kartu digital BPJS Kesehatan. 

Jika ingin kartu fisik BPJS Kesehatan cukup datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal.

Setelah sampai, anda juga harus melampirkan persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan berupa dokumen data pribadi dan keluarga, bukti cetak pendaftaran online, serta bukti pembayaran yang sudah Anda lakukan. 

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu fisik kartu BPJS Kesehatan Anda dicetak. Agar Anda dan keluarga tetap terjaga dan aktif sebagai peserta layanan BPJS Kesehatan. 

Pastikan Anda selalu membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan tepat waktu

Manfaat BPJS Kesehatan

1. Biaya Bulanan yang Terjangkau

Salah satu manfaat utama BPJS Kesehatan ialah iuran bulanan yang terjangkau sehingga diharapkan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Hingga saat ini, program BPJS memberikan tiga pilihan kelas layanan dengan tarif yang berbeda, yaitu:

Kelas I dengan biaya bulanan Rp 150 ribu,

Kelas II Rp 100 ribu, dan

Kelas III Rp 42 ribu.

Pilihan ini memberikan Anda kebebasan untuk memilih kelas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka. Dengan iuran bulanan yang terjangkau, BPJS Kesehatan memberikan akses kesehatan yang lebih terjangkau untuk masyarakat.

2. Perlindungan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat lain dari BPJS Kesehatan ialah perlindungan kesehatan seumur hidup yang bisa didapatkan peserta. Tentunya hal ini memberikan rasa aman bagi peserta, karena mereka tahu bahwa mereka akan terlindungi dari resiko kesehatan yang tidak terduga.

Dengan perlindungan kesehatan seumur hidup, peserta BPJS Kesehatan dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang dibutuhkannya tanpa perlu khawatir akan biaya yang mahal.

3. Proteksi terhadap Hampir Semua Jenis Penyakit

BPJS Kesehatan memberikan perlindungan menyeluruh untuk hampir semua jenis penyakit. Program ini mencakup sekitar 144 jenis penyakit, misalnya penyakit berbahaya seperti HIV atau AIDS, diabetes melitus.

Demikian artikel tentang cara mendaftar kartu BPJS yang bisa kami bagikan saat ini. Semoga dapat membantu anda jika masih mengalami kesulitan untuk pembuatannya.

Jika anda kebetulan juga ingin mencari syarat dokumen untuk membuat SKCK, bisa langsung anda cari pada bagian label dokumen. Sudah tersedia dengan lengkap. Karena SKCK, juga merupakan syarat wajib bagi anda jika ingin melamar sebagai perangkat desa di daerah setempat.

Sekian dari kami, dan salam sehat untuk anda semua.

Terima kasih.


Posting Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.